VISI
1. Melaksanakan dan mengembangkan kurikulum, dan sistem pendidikan dan pengajaran
untuk memenuhi kualifikasi dan kompetensi dibidang ilmu komunikasi.
memenuhi kualifikasi pada tingkat nasional dan regional.
Tujuan penyelenggaraan pendidikan Program Sarjana Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia Y.A.I adalah sebagai :
1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang ilmu komunikasi, memiliki
kreatifitas, komitmen dan integritas tinggi dalam bidang ilmu komunikasi.
2. Diharapkan mengembangkan bidang terapan ilmu sesuai dengan keahlian ilmu
komunikasi yang dimiliki.
3. Diharapkan menghasilkan tenaga terampil di bidang ilmu komunikasi yang
meliputi Periklanan, Public Relations dan Broadcasting, yang bermanfaat untuk
pengembangan ilmu dan memiliki kompetensi yang memiliki daya saing.
Program Studi Ilmu Komunikasi (S-1)
Program studi ini memiliki konsentrasi peminatan Broadcasting, Periklanan dan Public Relation.
BROADCASTING
1. Konsentrasi Broadcasting:
Perkembangan teknologi Komunikasi dan dinamika paradigmatis dunia broadcasting menuntut insan broadcasting yang kritis dan kreatif. Fikom UPI YAI mengkonstruksi perangkat pembelajaran yang mengarah pada penciptaan kompetensi Broadcasting dari aspek akademik dan praktis.
2. Kompetensi Lulusan Konsentrasi Broadcasting (Televisi, Radio, Film
dan New Media):
1. Menguasai
dan memiliki kemampuan management pengelolaan media broadcasting
dan new Media.
2. Menguasai
dan memiliki Kemampuan teknik kamera, penyutradaraan,
teknik studio dan
jurnalistik siaran
3. Menguasai
dan Memilik Kemampuan dalam proses Gathering, writing, editing produk
siaran
4. Menguasai dan memiliki Kemampuan menyusun strategi Media Dissemination
3. Peluang Kerja Lulusan:
1. Pengelola
Televisi, Radio dan berbagai media penyiaran baru, melalui jaringan kabel
maupun satelit.
2. Bekerja
di bidang penyiaran, Kameramen, strutradara, Redaktur, Reporter maupun
editor
siaran.
3. Lembaga-lembaga penyiaran Komersial, public,dan komunitas
4. Lembaga- lembaga Production house
5. Berbagai Instansi Pemerintahan
PERIKLANAN
1. Konsentrasi Periklanan:
Periklanan salah satu media komunikasi marketing yang paling dinamis dan berkembang saat ini. Perspektif kritis adalah jawaban untuk mengikuti dinamika tersebut. Sinergi penguasaan ilmu komunikasi dan marketing komunikasi merupakan paduan yang akan menghantar lulusan konsentrasi ini menguasai kompetensi yang kompetitif.
2. Kompetensi Lulusan Konsentrasi Periklanan:
1. Memilik Kemampuan mengkonstruksi content periklanan yang kreatif
2. Memilik Kemampuan merencanakan strategi Brand activity dan Brand management
3. Memilik Kemampuan melakukan riset pemasaran
4. Memilik Kemampuan mendesign dan memproduksi iklan public dan komersial.
3. Peluang Kerja Lulusan:
1. Lembaga Periklanan nasional maupun internasional.
2. Lembaga-lembaga Penyiaran
3. Bidang Kreatif Markom di lembaga-lembaga Bisnis
4. Berbagai instansi BUMN,BUMD maupun perusahaan invetasi Asing.
PUBLIC RELATION ( PR )
1. Konsentrasi Public Relation:
Public Relation adalah profesi yang tidak bisa dinisbikan dalam kehidupan manusia di dunia ini. Demokratisasi telah memberi ruang interaksional terbuka untuk public memasukinya, maka PR merupakan regulator untuk membangun keseimbangan relasinya. Institusi Negara maupun korporasi tidak dapat mengabaikan fungsi Public Relation dalam membangun harmonisasi relasi. Dengan Perspektif yang komprehensif proses pembelajaran pada konsentrasi Public Relation FIKOM UPI YAI ini dirancang untuk memiliki kompetensi yang mampu menjawab tantangan ke depan.
2. Kompetensi Lulusan Konsentrasi Public Relation:
1. Memiliki
kemampuan untuk menjalankan fungsi dan tanggung jawab sebagai
komunikator/
mediator & fasilitator organisasi yang efektif
2. Memiliki kemampuan dibidang Corporate Public Relations /Government Public Relation
3. Memiliki
kemampuan managerial dan leadership dalam mengelola Team, Situasi
Krisis, Human relations dengan stage
holder,
4. Mampu mengelola Agenda Isu dan Program/event komunikasi organisasi
5. Memiliki Kemampuan persuasi, loby dan negosiasi serta diplomasi.
3. Peluang Kerja Lulusan:
1. Menjadi PR dalam divisi Corporate Public Relation di insitusi Bisnis
2. Menjadi Government Public Relation di Institusi Pemerintah
3. Menjadi konsultan public relations & marketing public relations
4. Menjadi Team strategi Marketing Komunikasi